Mana yang akan membuat Anda membeli biskuit, menonton sebuah iklan
biscuit di televisi yang mengatakan bahwa biskuit tersebut enak, atau
ada seorang sahabat yang bercerita betapa enak biskuit yang dia makan
tadi siang? Biskuit yang direkomendasikan teman Anda mempunyai peluang
lebih besar untuk Anda beli daripada biskuit yang ada di TV. Pada
dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, sangat percaya dengan
rekomendasi yang diberikan oleh teman atau kerabat. Oleh karena itu,
salah satu teknik marketing paling efektif adalah word of mouth, atau
marketing mulut ke mulut mengandalkan rekomendasi dari pelanggan Anda.
Produk yang bagus secara otomatis akan membuat pelanggan Anda
bercerita ke temannya. Namun, apabila Anda sedikit lebih kreatif lagi,
Anda mungkin bisa membuat pelanggan Anda lebih bersemangat lagi untuk
merekomendasikan produk ke teman dan kerabatnya. Ya, sistem referral
kini mulai banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan lebih
banyak pelanggan dengan biaya yang jauh lebih murah.
Intinya, selain produk Anda memang harus bagus, Anda juga harus
berikan insentif pada pelanggan yang berhasil membuat teman atau
kerabatnya juga memakai produk Anda. Insentif ini tidak harus uang, bisa
saja dengan cara lain. Contoh yang paling Saya suka adalah cara DropBox
membuat pelanggannya sangat aktif untuk mencari pelanggan baru. Tiap
teman baru yang dibawa oleh pelanggan DropBox, maka pelanggan tersebut
akan mendapatkan gratis space 250 MB lagi. Awalnya, space DropBox yang
gratis hanya 5 GB, dengan cara merekomendasikan 20 orang teman menjadi
pengguna DropBox, maka seorang pelanggan DropBox akan mendapatkan
tambahan space gratis sebanyak 5 GB, menyamai apa yang mereka dapatkan
di awal.
Cara menarik lainnya pernah dilakukan oleh salah satu tempat fitness
terkenal di Indonesia, Celebrity Fitness. Dulu Saya pernah diajak
fitness oleh teman Saya. Ketika seorang pelanggan Celebrity Fitness
mengajak temannya, maka teman tersebut akan diberi kesempatan fitness
gratis selama 1 minggu. Apabila teman tersebut akhirnya juga menjadi
pelanggan Celebrity Fitness, maka pelanggan yang merekomendasikannya
akan mendapatkan gratis 1 bulan membership Celebrity Fitness. Dengan
cara ini, Celebrity Fitness terus berkembang menambah pelanggan dengan
sangat cepat.
Apakah Anda mempunyai contoh lain Sobat Studentpreneur?
EmoticonEmoticon