Merintis usaha dari nol memang sangat membanggakan, apalagi kalau
bisnis sudah digeluti ketika masih sekolah. Tapi ingat kalau merintis
usaha bukan berarti 100% menjanjikan kesuksesan dari pelakunya. Banyak
sekali pelaku bisnis akhirnya gulung tikar ketika gempuran pasar (baca:
pesaing) semakin banyak dan kuat.
Pada saat saya berbincang-bincang bersama teman-teman dari kalangan
pengusaha yang sudah lama merintis usaha dan sukses, ada beberapa tips
bisnis yang dibagikan tentang cara agar bisnis yang dirintis bisa terus
eksis di tengah persaingan yang ada:
- Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen
Banyak bisnis muncul dari permasalahan sehari-hari. Membuat solusi
dari permasalahan ini dapat memacu inovasi dan mungkin saja meningkatkan
bisnis kita. Meningkatkan loyalitas konsumen bisa dengan cara memberi
solusi permasalahan yang mereka hadapi dengan produk yang kita tawarkan.
Apabila berhasil, tentunya konsumen tidak akan memilih pesaing Anda.
- Ikuti perkembangan pasar
Selalu ikuti perkembangan trend pasar yang diminati para konsumen.
Dengan mengikuti perkembangan trend baru, maka secara tidak langsung
kita dapat mengetahui minat para konsumen saat ini. Semakin cepat
melihat dengan jeli arah mana konsumen berpaling, maka semakin kuat pula
kita menguasai pasar. Salah satu contoh kegagalan mengikuti
perkembangan pasar dapat kita lihat dari industri telekomunikasi
handphone Nokia. Ketika iOS dan Android berkembang pesat, Nokia justru
mempertahankan platform Symbian. Keunggulan telak kualitas iOS dan
Android terhadap Symbian memang akhirnya memaksa Nokia berpindah dari
Symbian ke Windows Mobile yang mempunyai kualitas setara pesaingnya.
Namun segalanya sudah terlambat bagi Nokia. Mereka kehilangan dominasi
pasar yang telah didapatkannya selama puluhan tahun sebelumnya.
- Amati gerakan pesaing
Laju pertumbuhan pesaing perlu diamati agar kita tahu siapa saja yang
ikut bermain dalam bisnis ini, dan strategi apa yang mereka gunakan
agar bisnisnya berkembang. Kadang kala, belajar dari pesaing itu ada
manfaatnya. Kita tidak boleh alergi dan menganggap pesaing sebagai
musuh. Tidak ada salahnya menganggap mereka sebagai “motivator” utama
kita untuk tetap terus berkembang.
- Fokus perkembangan usaha
Pernahkah Anda mengamati Hartono Elektronik? Nah, Hartono Elektronik
tetap berkembang pesat padahal pesaingnya banyak kan? Kemenangan Hartono
disebabkan oleh kekuatan fokus mereka. Tetaplah fokus untuk menentukan
satu prioritas utama yang menjadi target bisnis, baik untuk rencana
jangka panjang maupun pendek. Intinya adalah dengan menentukan prioritas
utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita dapat lebih fokus
membawa bisnis semakin maju.
- Perluas Networking
Semakin banyak relasi, semakin banyak rezeki yang datang. Semakin
banyak relasi maka semakin besar pula peluang kita untuk melakukan
ekspansi bisnis. Biasanya, networking bisnis berdampak langsung dengan pemasaran sehingga dapat memajukan usaha dengan cepat.
EmoticonEmoticon